Dr. Ir. Agatha Ayiek Sih Sayekti, MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

AGRIBISNIS KELAPA (Studi Kasus di Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta)


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem agribisnis kelapa, kendala atau hambatan agribisnis kelapa dan apakah agribisnis kelapa layak untuk diusahakan di Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 3 Februari-5 Maret 2019 di Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta.
Metode dasar yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis. Metode Penentuan lokasi menggunakan purposive sampling dan metode Penentuan samplel petani menggunakan snowball sampling. Jumlah sampel pada penelitian ini 30 petani kelapa, 5 pedagang pengumpul, 3 pedagang pengecer dan 3 pedagang besar.
Hasil penelitian Agribisnis kelapa di Kecamatan Kokap meliputi kegiatan on farm dan pengolahan. Pada kegiatan on farm kegiatan penanaman dilakukan secara campur dalam satu lahan, kegiatan pemupukan secara organik.Subsistem pengolahan terdapat 3 produk yaitu gula merah, blondo (bahan menjadi gula semut), dan gula semut. Perolehan nira dari pohon dendiri dan paroan.Tanaman sudah memerlukan peremajaan, musim penghujan menyebabkan nira tercampur air dan ranting-ranting, musim kemarau yang menyebabkan pendapatan nira sedikit. Terhambatnya sertifikasi pohon yang menyebabkan harga gula semut rendah. Kegiatan usaha pada on farmR/C 13,4 layak untuk diusahakan, sedangkan pada pengolahan nira gula merah, gula blondo dan gula semut layak untuk diusahakan dimana R/C gula 6,4, R/C blondo 10 dan R/C gula semut 12,4. Marjin pemasara kelapa Rp 3.000 dan farmer’s share 2,5%. Marjin pemasaran gula merah pada salura I Rp 4.000, farme’s share 77%, saluran II Rp 6.000, farmer’s share 70%. Marjin pemasaran gula blondo Rp 2.000, farmer’s share 88 % dan marjin pemasaran gula semut saluran I Rp 6.000 , farmer’s share 74% dan saluran pemasaran II Rp 6.000, farmer’s share 74%.

LOADING LIST...
nurwahyuniy78@gmail.com
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...