Dr. Maria Ulfah, STP, MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

INOVASI TEKNIK FERMENTASI DENGAN PENABAHAN KONSORSIUM BAKTERI-X PADA PENGOLAHAN KOPI ROBUSTA (COFFEA CANEPHORA) DI BALITTRI (BALAI PENELITIAN TANAMAN INDUSTRI DAN PENYEGAR)


Telah dilakukan penelitian kajian penambahan konsorsium bakteri dan lama waktu fermentasi pada fermentasi biji kopi robusta. Dilakukan analisa pada sifat kimia dan organoleptik pada bubuk kopi robusta yang bertujuan untuk mengetahui konsentrasi konsorsium bakteri dan lama waktu yang menghasilkan bubuk kopi robusta dengan aroma yang paling di sukai.
Rancangan percobaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan Petak Terbagi (RPT) yang menggunakan 2 faktor. Faktor pertama adalah konsentrasi konsorsium bakteri yang terdiri dari 4 taraf (S0= 0%) (S1= 0,5%) (S2= 1%) dan (S3= 1,5%) Faktor kedua lama waktu fermentasi yang terdiri dari 5 taraf yaitu (L1= 2 jam), ( L2 = 4 jam), (L3= 6 jam), (L4= 8 jam) dan (L5= 10 jam). Evaluasi hasil penelitian dilakukan terhadap bubuk kopi robusta yang dihasilkan meliputi analisis kadar air, kadar protein, kadar lemak dan uji organoleptik kesukaan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsentrasi konsorsium bakteri dan lama waktu fermentasi tidak berpengaruh nyata terhadap analisis kadar air, kadar lemak, kadar protein dan analisis organoleptic pada tingkat kesukaan aroma dan warna, tetapi berpengaruh nyata terhadap tekstur.
Aroma yang paling di sukai panelis yaitu pada penambahan konsorsium bakteri dengan konsentrasi 1% (S2) dengan nilai 4,9 yang menunjukkan agak suka dengan kadar air 1,358% ; kadar protein 10,358% dan kadar lemak 10,62%. Kemudian pada lama waktu fermentasi selama 6 jam (L3) dengan nilai 4,8 yang menunjukkan agak suka terhadap bubuk kopi robusta yang dihasilkan, dengan kandugan kadar air 1,358% ; kadar protein 10,358% dan kadar lemak 10,62%









Kata kunci : Kopi robusta,Konsorsium bakteri,lama waktu fementasi

LOADING LIST...
ndhmeita@gmail.com
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...