Dr. Ir. Danang Manumono, MS; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

ANALISIS NILAI TAMBAH EKONOMI SALAK PONDOH KABUPATEN SLEMAN


ANALISIS NILAI TAMBAH EKONOMI SALAK PONDOH KABUPATEN SLEMAN
INTISARI
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembuatan dodol salak , keripik salak dan jenang salak di daeran penelitian, untuk mengetahui besarnya nilai tambah dari pengolahan salak sampai menjadi dodol salak, keripik salak dan jenang salak untuk mengetahui perbandingan nilai tambah antara hasil dari usaha pengolahan salak menjadi dodol salak, keripik salak dan jenang salak.
Pada penelitian ini metode yang digunakan untuk menentukan daerah penelitian adalah studi kasus yaitu mempelajari secara mendalam mengenai keadaan kehidupan sekarang dengan latar belaknganya secara mendalam hanya pada satu unit sosial (Ginting, 2006). Tehnik yang digunakan dalam penentuan sampel menggunakan metode Purposive Sampling. Jenis data yang digunakan yaitu data primer dan daa skunder. Data tersebut dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis metode hayami.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Nilai tambah yang diperoleh dari proses pengolahan salak menjadi keripik salak adalah sebesar Rp 7.022/kg, jenang salak yaitu sebesar Rp 10.048/kg dan dodol salak sebesar Rp 5.972/kg. Nilai tambah jenang salak lebih besar daripada keripik ataupun dodol salak hal ini disebabkan oleh hasil input jenang lebih besar meskipun harganya paling rendah.
Kata Kunci : Industri, Proses pembuatan, Nilai Tambah dan Perbandingan

LOADING LIST...
mambaul.r@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...