Ngatirah, SP. MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Pembuatan Deterjen Bubuk Dengan Rasio Perbandingan MES (Metil Ester Sulfonat) Dan Ekstrak Biji Alpukat (Persea Americana Mill)


MES memiliki daya deterjensi tinggi dan ramah lingkungan tetapi daya pembusanya rendah dibandingkan dengan surfaktan sintesis lain, karena itu ditambahkan ekstrak biji alpukat sebagai pembusa alami. Biji alpukat mengandung senyawa saponin yang dapat menimbulkan busa sehingga dapat digunakan sebagai pembusa deterjen ini.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perbandingan MES dan ekstrak biji alpukat dalam formulasi terhadap daya busa dan daya deterjensi deterjen bubuk, dengan pembuatan deterjen bubuk menggunakan metode campur kering sederhana/simple dry mixing.
Rancangan percobaan yang digunakan pada penelitian ini adalah RAL (Rancangan Acak Lengkap) satu faktor dengan 7 taraf perlakuan dua kali pengulangan. Dengan A sebagai simbol faktor dan rasio perbandingan MES dan ekstrak biji alpukat dalam formulasi A1 (35%;0%) sebagai control, A2 (30%;5%), A3 (25%;10%), A4 (20%;15%), A5 (15%;20%), A6 (10%;25%), A7 (5%;30%). Parameter yang diamati adalah pH, stabilitas busa, bahan tidak larut air, daya deterjensi dan stabilitas emulsi.
Hasil penelitian menunjukkan perbandingan MES dan ekstrak biji alpukat dalam formulasi berpengaruh sangat nyata terhadap parameter deterjen bubuk yang dihasilkan dan formulasi terbaik diperoleh pada perbandingan konsentrasi MES dan ekstrak biji alpukat 25%;10% yang mendapatkan hasil pH 10,63; stabilitas busa 82,67%; bahan tidak larut air 1,34%; daya deterjensi 0,41 Abs; stabilitas emulsi 61,29%. Nilai pH dan bahan tidak larut air untuk semua perlakuan sudah memenuhi SNI 4594:2017 tentang deterjen serbuk yaitu pH 7 – 11 dan bahan tidak larut air maks 10%.

LOADING LIST...
m.sutan.kayamuddin.s@gmail.com
Ngatirah, SP. MP (P) - Personal Name
Ir. Kusumastuti, MSc - Personal Name
M. Sutan Kayamuddin Sinambela - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...