Ir. Adi Ruswanto, MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH KADAR AIR DAN KADAR KOTORAN KERNEL TERHADAP KUALITAS PKO DAN PENGENDALIAN MUTU PKO PADA EKSTRAKSI DENGAN METODE PENGEPRESAN


Penelitian ini bertujuan untuk pengaruh kadar air dan kadar kotoran kernel terhadap kualitas PKO yang dihasilkan dan mengevalusi mutu PKO dan juga mengetahui kapabilitas produksi PKO.
Rancangan percobaan ini menggunakan Rancangan Blok Lengkap (RBL) yang terdiri dari dua faktor yaitu, Faktor pertama yaitu analisis kadar kotoran kerne dan factor kedua analisis kadar air kernel. Faktor pertama yaitu kadar kotoran kernel terdiri dari 2 taraf ( A1 : kadar kotoran < 7% ( 4,37%-6,97%) dan A2 : kadar kotoran > 7% (7,06% -8,97%)), Faktor kedua yaitu kadar air kernel terdiri dari 2 taraf (B1 : kadar air < 5,5 % (4,08% - 5,48%) dan B2 : kadar air> 5,5% (5,56% -9,27%)). Dan juga menggunakan statistical proses control (SPC) dengan alat bantu analisis pengendalian mutu menggunakan peta kendali.
Berdasarkan hasil rancangan percobaan kadar air dan kadar kotoran kernel tidak berpengaruh nyata terhadap kualitas PKO yang dihasilkan. Sedangkan pada peta kendali dapat diketahui pada konsistensi mutu kernel bahwa kadar kotoran dan kadar air dalam kernel telah terkendali, akan tetapi kadar minyak dalam kernel belum terkendali. Kemudian pada konistensi mutu PKO , kadar air PKO telah terkendali , sedangkan kadar kotoran dan kadar FFA PKO belum terkendali.

Kata kunci : PKO, FFA, Kadar Air, Kadar Kotoran.

LOADING LIST...
ristinatina94@gmail.com
Ir. Adi Ruswanto, MP (P) - Personal Name
Dr. Maria Ulfah, STP. MP - Personal Name
Ristina - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...