Sahat Marulitua Saragih; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PEMBUATAN TEH CELUP PEGAGAN (Centella Asiatica) DENGAN VARIASI PENAMBAHAN BUBUK PAPPERMINT (Metha Piperita, L)


Penelitian tentang pembuatan teh celup pegagan dengan variasi penambahan bubuk peppermint, yang telah dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh sifat kimia terhadap penambahan bubuk peppermint terhadap kualitas teh pegagan.
Penelitian menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 2 faktor. Faktor pertama yaitu pengecilan ukuran daun bubuk peppermint (A) dengan 2 taraf (A1: 20 mesh) dan (A2: 40 mesh) dan faktor kedua penambahan bubuk peppermint (B) dengan 5 taraf ( 0%, 2 %, 4%, 6%, 8% ) dengan 2 kali ulangan. evaluasi hasil dilakukan terhadap teh celup pegagan yang dihasilkan meliputi analisis kadar air, kadar abu, aktivitas antioksidan dan organoleptik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran bubuk peppermint tidak berpangaruh nyata terhadap uji kadar air, kadar abu, aktivitas antioksidan, dan uji organolpetik sedangkan penambahan bubuk peppermint berpengaruh nyata terhadap uji kadar air, kadar abu, aktivitas antioksidan uji kesukaan aroma dan rasa pada teh daun pegagan yang dihasilkan. Hasil uji organoleptik menunjukkan perlakuan pada A2B5 skor kesukaan tertinggi yaitu (5,27 %) agak suka dengan sifat kimia sebagai berikut : kadar air (9,23%), kadar abu (0,22%), aktivitas antioksidan (54,91%).

LOADING LIST...
sahatgaringging96@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...