Ir. Samsuri Tarmadja, MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PEMETAAN INTENSITAS SERANGAN HAMA PADA PERKEBUNAN KELAPA SAWIT DENGAN MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS


Penelian ini bertujuan untuk mengetahui jenis hama apa saja yang menyerang Blok kebun kelapa sawit, menganalisis pola sebaran hama di Blok, membuat peta serangan hama dan intensitas serangan hama di kebun kelapa sawit. Penelitian dilaksanakan PT. Badra Sukses Kabupaten Mamuju Tengah Provinsi Sulawesi Barat. Penelitian dilaksanakan pada bulan April 2019.
Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif yaitu suatu penelitian yang memusatkan diri pada pemecahan masalah-masalah yang ada sekarang dengan cara data dikumpulkan, disusun, dijelaskan, kemudian dianalisis.
Lokasi pengambilan sampel penelitian dilakukan untuk meneliti penyebaran hama pada Blok 03 Afdeling OA, memiliki luasan 31 hektar, SPH 136, jumlah pokok dalam satu blok sebanyak 4063 pohon, tahun tanam 2004 dengan umur tanaman 15 tahun. Penentuan titik sampel sebanyak 31 titik, 1 titik sampel mencakup 1 hektar luas blok. Pelaksanaan sensus hama dilaksanakan Blok 03 dari baris ke 3, 13, 23, 33, 43, 53, 63, 73. Kemudian pada nomor pokok disetiap barisnya yaitu dari baris ke 3 di pokok ke 3, 5, 10, berlanjut ke baris ke 13 dengan mengikuti pokok sebelumnya yaitu pokok ke 15, 20, 25, 30, berlanjut ke baris ke 23 sampai baris pokok ke 73 dengan metode yang sama.
Terdapat 3 jenis hama yang ditemukan di Blok 03 Afdeling OA yaitu hama ulat api (Birthosea bisura), hama ulat kantong (Metisa plana ) dan hama rayap (Coptotermes curvignathus). Peta serangan ulat api dan ulat kantong pada Blok 03 Afdeling OA menunjukan pola random, sedangkan peta serangan hama rayap pada Blok 03 Afdeling OA menunjukan pola kelompok. Dengan intensitas serangan ringan pada setiap serangan hama.

LOADING LIST...
herman.bagus11@gmail.com
Ir. Samsuri Tarmadja, MP - Personal Name
Betti Yuniasih, S.Si, M.Sc - Personal Name
HERMAN BAGUS SANTOSO - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...