Ir. Siti Achadiyah, MS; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Karakterisasi "Palm Puree" dengan variasi perbandingan Virgin Palm Oil (VPO) dan serat mesocarp


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik palm puree yang terbuat dari virgin palm oil dengan penambahan serat mesocarp kelapa sawit sehingga diperoleh produk turunan sawit untuk pangan yang kaya akan antioksidan.
Penelitian ini dilakukan menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) 1 faktor yaitu perbandingan virgin palm oil dengan serat mesocarp kelapa sawit (A), dengan 6 taraf, yaitu A1 (1%:99%), A2 (2%:98%), A3 (3%97%) A4 (4%:96%) A5 (5%:95%) A6 (6%:94%). Palm pure yang dihasilkan dikarakkterisasi meliputi aktivitas antioksidan, β-karoten, angka peroksida, kadar ALB, dan kadar air.
Perbandingan virgin palm oil dengan serat mesocarp kelapa sawit tidak berpengaruh terhadap aktivitas antioksidan, kadar air, ALB, angka peroksida, dan kadar β-karoten. Palm puree terbaik berdasarkan aktivitas antioksidan tertinggi dihasilkan dari perbandingan virgin palm oil : serat mesocarp kelapa sawit = 97%:3% (A3) dengan aktivitas antioksidan 70,83%, β-karoten 306,12 ppm, angka peroksida 0,29 meq/kg, kadar ALB sebesar 1,00 %, dan kadar air 0,27%.

LOADING LIST...
Heckerhealer@gmail.com
Ir. Siti Achadiyah, MS - Personal Name
Dr. Maria Ulfah, STP. MP - p - Personal Name
Agus Triyono - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
INSTIER
2019
Yogyajarta
LOADING LIST...