Ir. Harsunu Purwoto, M.Eng (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PERANCANGAN ALAT PENANAM BIJI JAGUNG, KACANG DAN KEDELAI SEMI MEKANIS DENGAN ROL GANDA BERBASIS ERGONOMIS


Alat tanam merupakan alat yang digunakan untuk mempercepat proses waktu penanaman pada lahan. Alat rol ganda ini dibuat untuk mengatasi permasalahan penanaman biji di lahan yang membutuhkan waktu lama.
Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Menganalisis perbandingan tugal manual dengan tugal semi mekanis. (2) Menghitung waktu efektif penggunaan alat, jumlah keluaran (jagung, kacang dan kedelai). (3) Pengujian terhadap orang berbeda dengan memperhatikan faktor ergonomis (tinggi badan terhadap panjang tongkat).
Hasil penelitian diperoleh: (1) Berdasarkan cara opersional dengan tugal dari cara tanam, tugal hanya bisa 1 langkah sedangkan rolganda sekali jalan dapat beberapa lubang tanam, untuk tugal memerlukan tenaga tangan untuk hentakan lubang sedangkan rol ganda dengan didorang dapat membuat lubang. (2) Dari hasil perhitungan : (a) waktu rata-rata uji waktu efektif kacang didapat: 0.08 jam, 0.043 jam dan 0.034 jam, untuk kedelai mendapat waktu 0.070 jam, 0.039 jam dan 0.032 jam, untuk kacang mendapat 0.070 jam, 0.038 jam dan 0.031 jam, untuk tugal mendapat waktu 0.753jam, 0.370jam dan 0.310jam . (b) Dari segi keluaran tugal 1 biji tiap lubang tanam untuk alat rol ganda keluaran kacang 1 biji, kedelai 2 biji dan jagung 2 biji. Jika di lihat dari kacang dan kedelai tugal tetap 1 biji dan rol ganda 2 biji, sehingga tugal membutuhkan biji sesuai lubang tanam tetapi untuk rolganda membutuhkan 2 kali biji pada lubang tanam. (3) Untuk faktor ergonomi terhadap alat berdasar tabel dan grafik, orang dengan tinggi 165cm-175cm lebih cocok dengan panjang tongkat 110cm karena panjang tongkat lebih membuat nyaman dengan postur tubuh sehingga tidak membungkuk, sedangkan orang dengan tinggi 155cm-164cm dapat keuntungan disemua jenis panjang waktu yang didapat hampir sejajar, sedangkan untuk tugal panjang tongkat bebas ukuran panjangnya sehingga tangan dapat menggenggam tugal naik turun sesuai kenyamanan.
LOADING LIST...
yuliansyah.jogja@gmail.com
Ir. Harsunu Purwoto, M.Eng (P) - Personal Name
Ir. Nuraeni Dwi Dharmawati, MP (P) - Personal Name
Yuliansyah Saputro - Personal Name
Abstrak - Personal Name
17913 - Personal Name
SMPKS - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2019
YOGYAKRTA
LOADING LIST...