Titin Setyorini, SP., M.Sc.; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PEMANFAATAN LIMBAH MEDIA JAMUR TIRAM DAN FREKUENSI PENYIRAMAN AIR KELAPA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN KAILAN (Brassica oleraceae)


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komposi media tanam (tanah regusol : limbah jamur tiram) dan frekuensi penyiraman air kelapa terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman kailan Brassica oleracea). Penelitian dilakukan di Desa Maguwoharjo, Depok Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian dilaksanakan bulan Maret- Juni 2018.
Penelitian ini menggunakan percobaan faktorial yang disusun dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari dua faktor. Faktor pertama yaitu komposisi media tanam regusol : limbah jamur tiram ( regusol, 1:1, dan 2:1) dan faktor kedua yaitu frekuensi penyiraman air kelapa (tanpa air kelapa, 2 hari sekali, 4 hari sekali, dan 6 hari sekali), perlakuan diulangan sebanyak 5 kali. Data hasil penelitian dianalisis dengan sidik ragam, apabila ada beda nyata maka dilanjutkan dengan DMRTpada jenjang nyata 5%.
Hasil penelitian menunjukkan ada interaksi nyata antara pengaruh komposisi media tanam (regusol : limbah jamur tiram) dan frekuensi penyiraman air kelapa terhadap berat segar tajuk dan berat segar tanaman. Kombinasi antara regusol : limbah jamur tiram (2:1) dan frekuensi penyiraman air kelapa 6 hari sekali memberikan hasil terbaik terhadap hasil tanaman kailan (Brassica oleraceae)

LOADING LIST...
widhy.ngr22@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2019
YOGYAKRTA
LOADING LIST...