Dr. Ir. Ida Bagus Banyuro Pharta, MS; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Pembuatan Sabun Cair Cuci Piring dari Ekstrak Kulit Buah Pepaya (Carica papaya L.) dengan Variasi Penambahan MES (Metil Ester Sulfonat)


PEMBUATAN SABUN CAIR CUCI PIRING DARI EKSTRAK KULIT BUAH PEPAYA ( Carica Papaya L.) DENGAN VARIASI PENAMBAHAN MES (Metil Ester Sulfonat)
Intisari
Penelitian ini berjudul Pembuatan Sabun Cair Cuci Piring Dari Ekstrak Kulit Buah Pepaya ( Carica Papaya L. ) Dengan Variasi Penambahan MES (Metil Ester Sulfonat) yang bertujuan untuk mengkaji pengaruh penggunaan ekstrak kulit buah pepaya ( Carica Papaya L. ) dan persentase penambahan MES (Metil Ester Sulfonat) terhadap sifat fisik dan kimia sabun cair cuci piring yang dihasilkan. Kemudian menentukan komposisi yang paling tepat untuk menghasilkan sabun cair cuci piring yang paling mendekati SNI.
Percobaan ini menggunakan Rancangan Blok Lengkap (RBL) dua factor yaitu factor pertama adalah perbandingan ekstrak kulit buah pepaya dan air dengan 3 taraf yaitu A1= ( 0:1 ), A2= ( 0,5:1 ), A3= ( 1:1 ). Faktor kedua yaitu persentase penambahan jumlah MES dengan 3 taraf factor yaitu B1= 5%, B2= 10%, B3= 15%. Sabun cair cuci piring yang dihasilkan kemudian dianalisis pH, viskositas, densitas, ketahanan busa dan daya detergensi.
Hasil sabun cair cuci piring yang didapatkan menunjukkan penggunaan ekstrak kulit buah pepaya berpengaruh terhadap nilai viskositas dan densitas akan tetapi tidak berpengaruh terhadap uji pH, ketahanan busa, dan daya detergensi. Penambahan MES (Metil Ester Sulfonat) berpengaruh terhadap uji pH, viskositas dan densitas, akan tetapi tidak berpengaruh terhadap uji ketahanan busa dan daya detergensi. Dari hasil pengujian yang telah dilakukan, pada perlakuan A3B2 merupakan sabun cair cuci piring dengan komposisi terbaik yaitu larutan ekstrak kulit buah pepaya dengan perbandingan kulit buah pepaya : air ( 1 : 1) dan persentase penambahan MES (Metil Ester Sulfonat) sebesar 10% ,merupakan sampel yang paling mendekati standar yang telah ditentukan dengan nilai pH 4,76, viskositas 50 d Pa.s, densitas 1,06 g/mL, ketahanan busa 70,8 %, dan daya detergensi 0,86 FTU.

Kata Kunci : sabun cair cuci piring, buah pepaya, MES

LOADING LIST...
desidamanik11@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...