Arum Ambarsari, SP., MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

ANALISIS PENDAPATAN USAHATANI JERUK(Studi Kasus di Desa Cisumur Kecamatan Gandrungmangu Kabupaten Cilacap


Penelitian ini Tujuan untuk mengetahui pendapatan usahtani jeruk, dan untuk mengetahui kelayakan usahatani jeruk di Desa Cisumur, Kecamatan Gandrungmangu, Kabupaten Cilacap.
Penelitian ini mngggunakan metode deskriptif analisis yakni dengan mengumppulkan data, mengolah data, mengklarifikasi data dan menginterprestasikannya, sehinggga diperoleh gambaran yang jelas mengenai masalah yang diteliti. Penentuan sampel yakni sebanyak 35 responden, yang mana sampel di ambil dari 3 dusun Desa Cisumur, Kecamatan Gandrungmangu, Kabupaten Cilacap. Untuk pengambilan data secara snowball sampling Definisi Snowball Sampling adalah teknik penentuan sampel yang mula-mula jumlahnya kecil, kemudian membesar. Ibarat bola salju yang menggelinding yang lama-lama menjadi besar. Dalam penentuan sampel, pertama-tama dipilih satu atau dua orang sampel, tetapi karena dengan dua orang sampel ini belum merasa lengkap terhadap data yang diberikan, maka peneliti mencari orang lain yang dipandang lebih tahu dan dapat melengkapi data yang diberikan oleh dua orang sampel sebelumnya.
Dari penelitian yang telah dilakukan dapat diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1).Dilihat dari Penerimaan rata-rata petani jeruk di Desa Cisumur Kecamatan Gandrungmangu selama 1 tahun terakhir ini yakni pada tahun 2019 sebanyak Rp 6.629.512/ UT/Tahun. 2).Petani dalam mengusahatanikan jeruk dari segi biaya perawatan tanaman yang terdiri dari penggunaan pupuk, alat dan biaya lainnya cukup efisien. 3).Dari pendapatan usahatani jeruk yang dikelola petani yakni sangat menguntungkan. Dilihat dari selisih penerimaan yang di kurangi biaya dalam setiap tahunnya cukup selisih jauh yang kemudian dapat dikatakan petani jeruk sangat untung. 4).Sedangkan dari perbandingan R/C ratio di atas 1 yang artinya sangat layak diusahatanikan.

LOADING LIST...
prabumi18@gmail.com
Arum Ambarsari, SP., MP - Personal Name
Fitri Kurniawati,SP.,MP(P) - Personal Name
AHMAD ZAINAL ARIFIN - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...