Dr. Ir. Ida Bagus Banyuro Partha, MS (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

KARAKTERISTIK SABUN CUCI KRIM (CREAN SOAP) DENGAN VARIASI PENAMBAHAN METIL ESTER SULFONAT (MES) DAN PENAMBAHAN EKSTRAK BUAH LERAK


Telah dilakukan penelitian tentag “Karakteristik sabun cuci krim (cream soap) dengan variasi penambahan Metil Ester Sulfonat (MES)dan ekstrak buah lerak” dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan (MES) Metil Ester Sulfonat dan penambahan ekstrak buah lerak dalam pembuatan sabun cuci krim (Cream Soap) dan juga mengetahui penambahan MES dan ekstrak buah lerak yang mampu menghasilkan deterjen krim dengan sifat yang terbaik.
Penelitian ini berlatar belakang Indonesia yang membutuhkan sabun cuci yang ramah lingkungan dan juga tidak menjadi toxic bagi biota perairan. Dikarenakan Indonesia sekarang surfaktan yang berasal dari minyak bumi seperti Alkylbenzine Sulfhonate (ABS) dimanasurfaktan tersebut susah di degradasi yang berakhir dengan perusakan pada biota perairan.
Penelitian dilakukan dengan rancangan acak blok lengkap (RBL) dengan dua faktor. Faktor pertama adalah konsentrasi metil ester sulfonat terdiri atas 10 %, 20 %, dan 30 %. Faktor kedua adalah ektrak buah lerak yang terdiri dari 10 %, 20 %, dan 30 %. Analisis yang dilakukan meliputi stabilitas emulsi, pH, bobot jenis/BJ, stabilitas busa, dan daya detergensi.
Konsentrasi metil ester sulfonat dan ektrak buah lerak berdasarkan formulasi perlakuan terbaik yang menghasilkan sabun cuci dengan penampakan yang baik pada analisis daya deterjensi (A1B3) dengan jumlah reratanya 1,5535

LOADING LIST...
erizaoktavia31@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2019
YOGYAKATA
LOADING LIST...