Titin Setyorini, SP., M.Sc.; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH APLIKAS ZPT DAN PEMBERIAN JENIS PUPUK NPK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TOMAT


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui zat pengatur tumbuh alami dan jenis pupuk yang paling baik pengaruhnya terhadap pertumbuhan dan hasil tomat, untuk mengetahui interaksi antara zat pengatur tumbuh dengan jenis pupuk terhadap pertumbuhan dan hasil tomat. Penelitian ini dilaksanakan di lahan KP2 Instiper yang terletak di Desa Tempel Sari, Perumahan Kadisoka Kali kuning, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Waktu penelitian dilaksanakan selama 81 hari pada tanggal 2 juli sampai 21 September 2018.
Rancangan percobaan yang digunakan adalah rancangan faktorial terdiri dari 2 faktor yang disusun dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL). Faktor pertama zat pengatur tumbuh alami terdiri dari 4 macam bawang merah, kacang hijau, bonggol pisang, IAA. Faktor kedua jenis pupuk yang terdiri dari 3 macam P1:NPK campuran (Urea, TSP, KCL) 10,14 gram/tanaman, P2:(NPK Mutiara Ca 16:16:16) 10 gram/tanaman, P3:(NPK Yara Milla Mg 16:16:16). Data penelitian dianalisis menggunakan sidik ragam (Analisis Of Variance), pada taraf 5%. Bila ada beda nyata dilanjutkan dengan uji jarak berganda Duncan atau DMRT (Duncan Multiple Range Test) pada taraf 5%.
Hasil penelitian menunjukkan terjadi interaksi antara ZPT dan jenis pupuk NPK terhadap panjang akar dan berat segar akar tanaman tomat. Kombinasi terbaik pada parameter panjang akar, IAA dengan kontrol, kombinasi terbaik pada parameter berat segar akar, kacang hijau dengan NPK Ca. Zat pengatur tumbuh memberikan pengaruh yang sama terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman tomat. Jenis pupuk NPK memberikan hasil yang sama terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman tomat.

LOADING LIST...
debykusdiantoro33@gmail.com
NONE
Text
INSTPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...