Elisabeth Nanik Kristalisasi, SP., MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH MACAM DAN DOSIS PUPUK ORGANIK TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT DI PRE NURSERY


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh macam dan dosis pupuk organik terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Penelitian ini dilaksanakan di desa Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta pada bulan Maret hingga Juni 2018.
Penelitian menggunakan metode percobaan faktorial yang disusun dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan dua faktor. Faktor pertama adalah macam pupuk organik yang terdiri dari 3 aras yaitu tanah regusol + pupuk kompos, tanah regusol + pupuk hijau, dan tanah regusol + pupuk kandang. Faktor kedua adalah dosis pupuk organik yang terdiri dari 4 aras yaitu 0% volume, 20% volume, 40% volume, dan 60% volume. Dari kedua faktor tersebut diperoleh 12 kombinasi perlakuan yang diulang sebanyak 5 kali. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan sidik ragam (Anova) pada jenjang nyata 5%. Apabila terdapat beda nyata, dilanjutkan dengan uji DMRT pada jenjang nyata 5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat interaksi nyata antara perlakuan macam dan dosis pupuk organik pada parameter jumlah daun, luas daun, berat segar tajuk, berat kering tajuk, dan panjang akar bibit kelapa sawit di pre nursery. Sedangkan pada parameter tinggi bibit, diameter batang, jumlah akar, berat segar akar dan berat kering akar tidak menunjukkan adanya interaksi nyata. Kombinasi perlakuan terbaik adalah penambahan pupuk kandang pada tanah regusol dengan dosis 40% volume media tanam.

LOADING LIST...
aldaputrammm@gmail.com
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2019/2020
yogyakarta
LOADING LIST...