Ir. Samsuri Tarmadja, MP. (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH JENIS DAN TINGKAT POPULASI GULMA TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT DI PRE NURSERY


INTISARI

Penelitian yang bertujuan untuk mengetahui jenis gulma yang paling menghambat pertumbuhan kelapa sawit di Prenursery telah dilaksanakan pada bulan april sampai juli 2018 di jalan cindelaras, krodan maguwoharjo, depok, sleman, DIY.
Penelitian ini menggunakan Rancangan Faktorial yang terdiri dari dua faktor dan disusun dalam Rancangan Acak Lengkap, faktor pertama adalah Jenis gulma (G) yang terdiri dari 3 jenis yaitu Cyperus rotundus (G1), Cynodon dactylon (G2), Eleusine indica (G3). Faktor kedua adalah tingkat populasi gulma (P) yang terdiri dari 4 aras yaitu 2 individu (P1), 5 individu (P2), 8 individu (P3) sehingga total 12 perlakuan. Jika menunjukkan perbedaan nyata maka dilakukan analisis lanjut dengan metode Duncan Multiple Range Test (DMRT) pada jenjang nyata 5%.
Hasil pengamatan menunjukkan bahwa semua jenis gulma menghmbat partumbuhan pada bibit kelapa sawit. Kombinasi perlakuan yang paling menghambat adalah jenis gulma Elesuine indica dengan tingkat populasi 8 individu dibanding dengan kombinasi perlakuan lainnya.
Kata kunci: Cyperus rotundus, Cynodon dactylon, Eleusine indica, tingkat populasi.

LOADING LIST...
muhammadalfisyahri95@gmail.com
Ir. Samsuri Tarmadja, MP. (P) - Personal Name
Ir. Abdul Mu'in, MP (P) - Personal Name
M.ALFI SYAHRI SAKTI - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...