Ir. Neny Andayani, MP. (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Pengaruh Pemberian Monosodium Glutamat Dan Air Cucian Beras Terhadap Pertumbuhan Bunga Marigold (Tagetes eracta L.)


INTISARI
Penelitian ini bertujuan untuk melihat interaksi antara pemberian dosis monosodium glutamat dan konsentrasi air cucian beras terhadap pertumbuhan tanaman marigold (Tagetes erecta L.). Penelitian dilaksanakan di lahan yang terletak di Desa Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Ketinggian tempat ± 118 meter diatas permukaan laut, dengan jenis tanah regusol. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari 2019 – April 2019.
Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan faktorial yang disusun dalam Rancangan Acak Lengkap (Completely Randomized Design) yang terdiri dari dua faktor. Faktor yang pertama adalah pemberian dosis monosodium glutamat dengan aras 15 gram, 10 gram, 5 gram, dan kontrol. Faktor yang kedua adalah pemberian konsentrasi air cucian beras dengan aras 100%, 50%, dan kontrol.
Hasil penelitian menunjukkan adanya interaksi pada parameter berat bunga dengan kombinasi perlakuan terbaik pada dosis MSG 15 gram dan konsentrasi air cucian beras 100%. Pemberian dosis MSG sebanyak 15 gram menunjukkan hasil terbaik pada parameter diameter bunga dan jumlah bunga yang dipanen.

Kata kunci : Monosodium glutamat, Air cucian beras, Marigold
LOADING LIST...
luthfiereza@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...