Istiti Purwandari, SP,. MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

ANALISA PENDAPATAN PETANI KELAPA SAWIT BERMITRA DAN MITRA DI DESA LAKE, KECAMATAN RUPIT, KABUPATEN MUSI RAWAS UTARA, PROVINSI SUMATERA SELATAN


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan sarana produksi usaha tani kelapa sawit bermitra dan non mitra, untuk mengetahui biaya produksi usaha tani kelapa sawit bermitra dan non mitra dan mengetahui berapa pendapatan usaha tani kelapa sawit bermitra dan non mitra di Desa Lake, Kecamatan Rupit, Kabupaten Musi Rawas Utara.
Dalam mendukung penelitian digunakan data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari peneliti secara langsung turun ke lapangan untuk mengumpulkan data dan wawancara dengan responden yang melakukan usaha tani kelapa sawit bermitra dan non mitra di Desa Lake, Kecamatan Rupit, Kabupaten Musi Rawas Utara. Data sekunder diperoleh dari instansi atau lembaga yang berhubungan dengan penelitian. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, teknik pencatatan, dan wawancara.
Metode analisis data yang digunakan adalah analisis komparatif, yakni teknik analisis yang dipakai untuk menganalisis data dengan cara membandingkan. Penelitian ini dilakukan untuk membandingkan persamaan dan perbedaan dua atau lebih fakta – fakta dan sifat – sifat objek yang di teliti berdasarkan kerangka pemikiran tertentu.
hasil penelitian menunjukkan, rata – rata luas lahan perkebunan dari petani bermitra adalah 3 ha dan untuk petani non mitra adalah 5 ha., rata – rata penggunaan sarana produksi seperti pupuk dan pestisida, petani bermitra lebih kecil dibandingkan petani non mitra, rata – rata biaya produksi yang dikeluarkan untuk petani kelapa sawit bermitra lebih kecil dibandingkan petani non mitra, rata – rata pendapatan petani kelapa sawit non mitra lebih besar dibandingkan petani non dan nilai r/c ratio petani non rmitra lebih besar dibandingkan petani bermitra.
Kata Kunci : Analisis Pendapatan, Kemitraan, Petani Bermitra, Biaya Produk
LOADING LIST...
ydinata27@gmail.com
Istiti Purwandari, SP,. MP (P) - Personal Name
Ir.Listiyani, MP - Personal Name
YUDI MARTA DINATA - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2018
YOGYAKRTA
LOADING LIST...