Ir. Ety Rosa Setyawati, M.Sc; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Pengaruh Pemberian Berbagai Konsentrasi Pupuk Organik Cair Urin Sapi Dan Pupuk NPK Terhadap Pertumbuhan Dan Hasil Tanaman Jagung Manis (Zea mays var. sacharata L.)


INTISARI

Penelitian dengan judul “Pengaruh Pengaruh Pemberian Berbagai Konsentrasi Pupuk Organik Cair Urin Sapi dan Pupuk NPK Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Jagung Manis (Zea mays var. sacharata L.)” bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian berbagai konsentrasi pupuk organik cair urin sapi dan pupuk NPK dan mengetahui ada atau tidaknya interaksi pada kedua perlakuan tersebut. Penelitian telah dilaksanakan pada 27 Februari 2019 – 3 Mei 2019 di Desa Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.
Rancangan penelitian ini menggunakan rancangan faktorial yang disusun dalam rancangan acak lengkap (RAL) dua faktor. Faktor pertama adalah Pupuk Organik Cair Urin Sapi, yaitu dengan konsentrasi kontrol, 50 ml/tanaman, 75 ml/tanaman, dan 100 ml/tanaman. Faktor kedua adalah Pupuk NPK yaitu, dengan dosis kontrol, 2 g/tanaman, 4 g/tanaman, dan 6 g/tanaman. Data analisis dengan sidik ragam (Analysis of Variance). Apabila ada beda nyata maka dilanjutkan dengan uji jarak berganda (Duncan’s Multiple Range Test) pada jenjang nyata 5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat interaksi antara perlakuan pupuk organik cair urin sapi dan pupuk NPK terhadap parameter jumlah daun, berat segar tanaman, dan berat segar akar. Kombinasi perlakuan terbaik pada penelitian ini adalah 50 ml pupuk organik cair urin sapi dengan 6 g pupuk NPK. Pupuk organik cair urin sapi berpengaruh nyata pada parameter berat tongkol berkelobot, berat tongkol tanpa kelobot, dan jumlah biji pada konsentrasi 50ml. Pupuk NPK berpengaruh nyata terhadap parameter tinggi tanaman dan berat kering tanaman pada dosis 6 g.

Kata kunci: Pupuk organik cair urin sapi, Pupuk NPK, Jagung manis
LOADING LIST...
nadhifaj165@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...