Arum Ambarsari, SP., MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PERANAN PENYULUH PERTANIAN DALAM MENINGKATKAN PRODUKSI PADI (STUDI KASUS DI DESA TIMBULHARJO KECAMATAN SEWON KABUPATEN BANTUL)


Penelitian peranan penyuluh pertanian dalam meningkatkan padi (Studi Kasus di Desa Timbulharjo Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul) bertujan untuk mengetahui efektifitas peran penyuluh pertanian.
Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode studi kasus (case study). Penelitian ini memusatkan diri secara intensif pada satu obyek tertentu yang mempelajarinya sebagai suatu kasus. Data studi kasus dapat diperoleh dari semua pihak yang bersangkutan, dengan kata lain dalam studi ini dikumpulkan dari berbagai sumber yang bersangkutan (Nawawi, 2003: 1). Dalam penelitian ini sampel yang diambil berjumlah 40 responden dari 17 kelompok tani dengan jumlah masing – masing 2 sampel responden dari setiap kelompok tani. Adapun kelompok tani yang ada di Desa Timbulharjo .yaitu : Tani Makmur, Mekarsari, Utama, Rukun, Sedyo Rukun, Sido Makmur, Guyub Rukun, Mantep, Usaha Tani Maju, Bakti Mulyo, Ngudi Raharjo, Sumber Waras, Ngudi Mulyo, Randu Makmur, Saguh, Sinar Lestari dan Among Tani yang ada di Desa Timbulharjo Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan penyuluh pertanian sangat efektif dalam memberikan edukasi, inovasi, fasilitasi, konsultasi, supervisi, pemantauan dan evaluasi serta tingkat kepuasan petani terhadap kinerja penyuluh pertanian yang paling tinggi berada di peran penyuluh pertanian sebagai edukator dan kepuasan petani terhadap kinerja penyuluh pertanian paling rendah berada di peran penyuluh sebagai supervisi.

LOADING LIST...
NONE
Text
Indonesia
2019
LOADING LIST...