Istiti Purwandari, SP,. MP. (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PEMANFAATAN INFORMASI DALAM PENGEMBANGAN USAHA TANI SAYURAN DI KECAMATAN BELIK


Penelitian bertujuan untuk mengetahui tingkat pemanfaatan sumber informasi oleh petani, mengetahui pemanfaatan sumber informasi usaha tani oleh petani , mengetahui alasan petani memilih memanfaatkan sumber informasi tersebut, dan mengetahui kendala dalam pemanfaatan informasi yang di pilih.
Metode dasar yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif . Penlitian di laksanakan di Desa Gombong Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang dengan rata-rata penduduknya bekerja sebagai seorang petani sayuran, penentuan lokasi di tentukan dengan menggunakan metode populasi dan dengan jumlah sampel pada penelitian ini adalah 30 orang petani sayuran.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemanfaatan sumber informasi yang paling tinggi dimanfaatkan oleh para pengusaha tani adalah berasal dari media pesonal yaitu sumber infromasi yang berasal dari sesama petani. Petani dalam menentukan informasi tentang pembibitan, pengolahan tanah, pemupukan, hama penyakit, pasca panen, berasal dari sesama petani sedangkan petani dalam menentukan informasi tentang pemasaran berasal dari Tengkulak atau pedagang pengumpul, petani dalam menentukan informasi tentang modal berasal dari lembaga permodalan. Alasan petani dalam pemanfaatan sumber informasi yang paling banyak adalah biaya yang paling murah, kemudahan dalam mengakses informasi, serta mudah di terapkan dalam usaha tani tersebut. Kendala petani dalam perolehan sumber informasi adalah intesitas dalam memperoleh informasi yang kurang sehingga sulit untuk di peroleh dan di manfaatkan.

LOADING LIST...
fajarkhmrh04@gmail.com
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...