Titin Setyorini, SP., M.Sc.; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH PEMBERIAN DOSIS PUPUK CAIR URINE KAMBING DAN PUPUK NPK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN JAGUNG MANIS


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian dosis pupuk cair urine kambing dan NPK dengan dosis berbeda terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman jagung manis. Penelitian dilakukan di Kebun Pendidikan dan Penelitian (KP-2) Institut Pertanian Stiper Yogyakarta yang terletak di Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta.
Rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) faktorial yang terdiri dari dua faktor. Faktor pertama yaitu pupuk NPK (K) terdiri dari 3 (tiga) aras dan faktor kedua adalah konsentrasi pupuk organik cair urine kambing (P) terdiri dari 4 (empat) aras. Dosis pupuk NPK terdiri dari 3 aras yaitu 1 gram, 2 gram dan 3 gram. Dosis pupuk cair urine kambing terdiri dari 4 aras yaitu tanpa pemberian urine kambing, dosis 50 ml, 100 ml dan 150 ml. Hasil pengamatan dianalisis menggunakan sidik ragam (Analysis of variance) pada jenjang 5%. Apabila terdapat beda nyata dilanjutkan dengan uji DMRT pada jenjang 5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terjadi interaksi nyata antara pemberian dosis pupuk organik cair urine kambing dan pupuk NPK terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman jagung manis, pemberian dosis pupuk organik cair urine kambing memberikan pertumbuhan dan produksi tanaman jagung manis yang sama dan pemberian dosis pupuk NPK memberikan pertumbuhan dan produksi tanaman jagung manis yang sama.

LOADING LIST...
robbymanurung565@gmail.com
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...