Dr. Ir. Candra Ginting, MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Pengaruh ketebalan mulsa dan volume penyiraman pada pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery


ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ketebalan mulsa dan volume penyiraman terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Penelitian ini dilakukan di jalan mawar yang terletak di Desa Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman Yogyakarta. Penelitian di laksanakan pada bulan Mei sampai Agustus 2019.
Penelitian ini menggunakan percobaan yang disusun dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL) pola faktorial. Faktor pertama adalah ketebalan mulsa: Kontrol/Tanpa Mulsa, 1 cm, 2 cm, 3 cm. Faktor kedua adalah Volume Penyiraman: 100 ml/hari, 150 ml/hari, 200 ml/hari. Data dianalisis menggunakan sidik ragam pada jenjang 5%, bila ada beda nyata dilakukan uji lanjut dengan menggunakan uji jarak DMRT (Duncan Multiple Range Test).
Hasil analisis menunjukkan bahwa tidak diperoleh kombinasi antara perlakuan ketebalan mulsa dan volume penyiraman dalam pengaruhnya terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit pre nursery. Pengaruh ketebalan mulsa tidak meningkatkan pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery dan volume penyiraman tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery.


Kata kunci: Mulsa, Penyiraman, Bibit Kelapa Sawit


LOADING LIST...
andiwicak19@gmail.com
Dr. Ir. Candra Ginting, MP - Personal Name
Ir. Retni Mardu Hartati, SU (P) - Personal Name
Andi Wicak Sono - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...