Ir. Umi Kusumastuti Rusmarini, MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH BONGGOL PISANG DAN PUPUK P PADA TANAH LATOSOL, TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq) DI PRE NURSERY


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bonggol pisang dan pupuk P pada tanah latosol terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Penelitian ini dilaksanakan di desa Maguwoharjo, kecamatan Depok, Sleman, Yogyakarta. Adapun waktu yang digunakan dalam penelitian dilakukan pada bulan Februari-Mei 2019.
Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap atau Completely Randomized Design (CRD) yang terdiri dari dua faktor. Faktor pertama adalah dosis bonggol pisang yang terdiri dari empat aras yaitu 100 ml, 200 ml, 300 ml dan kontrol. Faktor kedua adalah dosis pupuk TSP yang terdiri dari empat aras yaitu 1 gram; 1,5 gram, 2 gram dan kontrol.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi interaksi antara pupuk bonggol pisang dan pupuk TSP pada parameter tinggi tanaman, berat segar tajuk, berat kering tajuk, berat segar akar, berat kering akar, berat segar tanaman, berat kering tanaman. Pemberian pupuk bonggol pisang 200 ml dan pupuk TSP dosis 1 gram/tanaman pada tanah latosol memberikan pengaruh lebih baik dibandingkan kombinasi perlakuan lain. Pemberian pupuk TSP 1,5 gram dan 2 gram pada tanah latosol dapat meningkatkan jumlah daun dan panjang akar. Sedangkan pemberian pupuk bonggol pisang tidak meningkatkan jumlah daun dan panjang akar.

LOADING LIST...
faizalmustaqin8@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...