Ir. Wiwin Dyah Ully Parwati, MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Pengaruh Asal Bahan Stek dan ZPT Alami Terhadap Pertumbuhan Stek Turnera ulmifolia


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya interaksi antara asal bahan stek dengan jenis zat pengatur tumbuh alami yaitu Bawang Merah dan Air Kelapa terhadap pertumbuhan stek Turnera ulmifolia, mengetahui pengaruh asal bahan stek terhadap pertumbuhan stek dan mengetahui pengaruh dari Bawang Merah dan Air Kelapa terhadap keberhasilan stek. Penelitian ini dilaksanakan di PT. Tapian Nadenggan, yang terletak di Desa Hanau Kecamatan Pembuang Hulu, Kabupaten Seruyan, Provinsi Kalimantan Tengah pada tanggal 6 Januari hingga 1 April 2019.
Metode yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap RAL yang terdiri atas dua faktor, Faktor pertama adalah asal asal bahan stek (B), terdiri dari 3 macam yaitu Stek pucuk (berwarna hijau), Stek tengah (coklat kehijauan), Stek Pangkal (coklat), Faktor kedua adalah penggunaan ZPT Alami (R) Air Kelapa dan Sari Bawang Merah, serta Tanpa Perlakuan (kontrol).
Hasil penelitian menunjukkan interaksi antara macam bahan tanam dan macam ZPT Alami terhadap panjang akar. Stek pucuk menunjukkan hasil terbaik pada tinggi tunas. Macam ZPT Alami berpengaruh nyata pada parameter jumlah tunas, jumlah akar dan panjang akar. Macam ZPT Alami Air Kelapa memberikan pertumbuhan terbaik terhadap jumlah tunas dan jumlah akar tanaman. Kombinasi perlakuan yang terbaik adalah perpaduan antara stek pucuk dan ZPT Alami Air Kelapa.

LOADING LIST...
aghabhida@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...