Yureana Wijayanti, M.Eng.Ph.D; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

KAJIAN ANGKUT PANEN DENGAN DUMP TRUCK DAN TRAKTOR DARI TPH JALAN BUNTU MENUJU TPH INDUK DI PERKEBUNAN KELAPA SAWIT


ABSTRAK

Untuk mengetahui perbedaan efesiensi pada pengangkutan berdasarkan jarak dan waktu yang di butuhkan dalam setiap pengangkutan terhadap biaya angkut TBS. Penelitian akan dilaksanakan di PT SALIM IVOMAS PRATAMA cibaliung divisi 2,yang berada di kecematan Rokan hilir, kabupaten bagan batu Provinsi Riau, Pelaksanaa kegiatan penelitian pada bulan juni 2019. Alat yang digunakan dalam dalam penelitian ini adalah : alat tulis, stopwatch, kendaraan dump truck dan traktor , bahan yang digunakan TBS (Tandan Buah Segar).

Penelitian ini menggunakan metode survei, jenis data yang dihasilkan adalah data primer dan data sekunder. Pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan secara langsung terhadap objek yang di teliti yang dihubungkan dengan landasan teori ilmiah.

Pengangkutan mengunakan dump truck lebih efisien dibandingkan dengan traktor. Rerata waktu yang dibutuhkan untuk muatan menggunakan dump truck yaitu 0,86 jam, sedangkan dengan menggunakan traktor yaitu 1,40 jam. Kondisi jalan yang berbukit ,bergelombang dan gambut sangat mempengaruhi lama waktu pengangkutan. Dalam kondisi jalan yang berbukit ,bergelombang dan gambut sangat cocok pengangkutan TBS menggunakan traktor.

LOADING LIST...
andreraka_nanda@yahoo.com
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...