FAUZAN AZMI; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH COCOPEAT SEBAGAI CAMPURAN MEDIA TANAM DAN FREKUENSI PENYIRAMAN TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT DI PRE-NURSERY


INTISARI
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh cocopeat sebagai media tanam dan frekuensi penyiraman serta interaksinya terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di Pre-Nursery. Penelitian dilaksanakan di Desa Maguwoharjo, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman, Derah Istimewa Yogyakarta. Penelitian dilaksanakan pada bulan November 2018 hingga Febuari 2019.
Penelitian dilakukan dengan menggunakan percobaan faktorial yang disusun dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari dua faktor. Faktor pertama yaitu komposisi perbandingan regosol dan cocopeat yang terdiri dari 4 aras yaitu : kontrol (tanpa cocopeat), regosol cocopeat (1:1), regosol cocopeat (2:1), regosol cocopeat (1:2). Sedangkan faktor kedua adalah Frekuensi peyiraman yang terdiri atas 4 aras yaitu : penyiraman 2 kali sehari , penyiraman 1 kali sehari, penyiraman 2 hari sekali, penyiraman 3 hari sekali. Dari kedua faktor tersebut diperoleh 16 kombinasi. Masing-masing perlakuan dilakukan 4 ulangan. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan sidik ragam (Anova) pada jenjang nyata 5%. Apabila terdapat beda nyata dilanjutkan dengan uji DMRT pada jenjang nyata 5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi interaksi antara perbandingan media tanam regosol dengan cocopeat dan frekuensi penyiraman pada parameter berat kering tajuk. Kombinasi perlakuan regosol cocopeat (1:2) dengan frekuensi penyiraman 2 kali sehari memberikan berat kering tajuk lebih baik. Perbandingan komposisi media tanam menunjukkan berbeda nyata pada parameter tinggi tanaman, berat segar tajuk, panjang akar, berat segar akar, dan berat kering akar. Hasil terbaik terdapat pada perbandingan media tanam (1:2). Frekuensi penyiraman 2 kali sehari memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit dibandingkan pada frekuensi penyiraman lainnya pada parameter tinggi tanaman dan berat kering akar.

LOADING LIST...
FAUZAN AZMI - Personal Name
Ir. Wiwin Dyah Ully Parwati. MP - Personal Name
Titin Setyorini. SP., MSc - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...