Dr.Ir. Candra Ginting, MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH JENIS PUPUK ORGANIK DAN VOLUME AIR SIRAMAN TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT DI PRE-NURSERY


ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pemberian jenis pupuk organik dan volume air siraman serta ada tidaknya interaksi antara jenis pupuk organik dan volume air siraman pada pertumbuhan bibit kelapa sawit di Pre Nursery. Penelitian ini dilaksanakan di Kelurahan Maguwoharjo, kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Waktu penelitian dilaksanakan dari bulan Juni hingga Agustus 2019.
Rancangan penelitian menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) faktorial yang terdiri dari dua faktor. Faktor pertama adalah jenis pupuk organik yang terdiri dari tiga aras yaitu pupuk kandang sapi, POC Gamal, dan tanpa pupuk sebagai kontrol. Faktor kedua adalah volume air siraman yang terdiri dari tiga aras yaitu 100 ml, 150 ml, dan 200 ml yang dilakukan sebanyak empat kali ulangan. Data tiap parameter dianalisis menggunakan Sidik Ragam (Anova) pada jenjang nyata 5%. Apabila terdapat beda nyata dilanjutkan dengan Uji DMRT pada jenjang nyata 5%.
Hasil penelitian menunjukkan menunjukkan adanya interaksi perlakuan pemberian jenis pupuk organik dan volume air. Kombinasi perlakuan pupuk kandang dengan volume penyiraman 200 ml memberikan nilai tertinggi pada parameter tinggi bibit. Perlakuan jenis pupuk organik menunjukkan berbeda nyata pada parameter diameter batang, berat segar tajuk, berat kering tajuk, berat segar akar dan berat kering akar. Pertumbuhan terbaik pada pemberian pupuk kandang. Perlakuan volume air siraman menunjukkan berbeda nyata pada parameter jumlah daun, diameter batang, berat segar tajuk dan berat kering tajuk. Pertumbuhan terbaik terdapat pada pemberian volume air siraman 200 ml.

LOADING LIST...
alfael.97@gmail.com
Dr.Ir. Candra Ginting, MP - Personal Name
Ir.Wiwin Dyah Ully Parwati,MP.(P) - Personal Name
Alfred Rafael - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...