Erick Firmansyah, SP. M.Sc.; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH MACAM DAN DOSIS KOMPOS KOTORAN TERNAK TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT DI PRE NURSERY


INTISARI
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interaksi pertumbuhan dengan pemberian pupuk kandang sapi dan pupuk kandang ayam, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui dosis yang lebih berpengaruh pada pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery . Penelitian dilakukan di Maguwoharjo penelitian dilaksanakan selama 3 bulan dari bulan Januari sampai April 2019 dengan menggunakan tanah regosol.
Rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari dua faktor. Faktor pertama yaitu macam pupuk dengan dua aras yang terdiri dari K1 pupuk kandang sapi dan K2 pupuk kandang ayam. Faktor kedua yaitu dosis pupuk dengan empat aras yang terdiri dari D0 : kontrol 0 %, D1 25 % volume polybag, 35 % volume polybag dan 50 % volume polybag. Dari kedua faktor tersebut diperoleh 8 kombinasi perlakuan dan masing-masing perlakuan dengan 5 ulangan, sehingga diperoleh 40 kombinasi.
Berdasarkan hasil analisis dari pembahasan pengaruh macam dan dosis kompos kotoran ternak terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery dapat disimpulkan bahwa terjadi interaksi nyata antara jenis dan dosis pupuk oleh pengaruhnya terhadap pertumbuhan akar terbaik pada kombinasi pupuk kandang sapi 25 %. Aplikasi pupuk kandang tidak dapat mengganti perlakuan pupuk NPK pada pertumbuhan tajuk, aplikasi pupuk NPK lebih baik dibandingkan aplikasi pupuk kandang sapi dan pupuk kandang ayam. Macam pupuk kandang tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan tajuk.

Kata kunci: pupuk kandang sapi, pupuk kandang ayam, kelapa sawit, dosis pupuk, pre nursery

LOADING LIST...
dendicapah@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...