ir. Tri nugraha Budi Santosa, MP.; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Perbandingan Efektivitas Aplikasi LCPKS dan Tankos Terhadap Produksi Kelapa Sawit (Elaeis guineensis Jacq.)


Intisari

Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh aplikasi Tandan Kosong Kelapa Sawit (TKKS) dan Limbah Cair Kelapa Sawit (LCPKS) terhadap produksi kelapa sawit dan karakter agronomi tanaman kelapa sawit. Penelitian ini dilakukan di kebun Muara Kandis Estate (MKNE), PT. Djuandasawit Lestari (DSL) yang merupakan salah satu anak perusahan Sinar Mas yang terletak di PSM Sumsel, Region Sumsel 1.
Penelitian menggunakan metode survei agronomi dengan melakukan pengukuran beberapa karakter agronomi pada 3 blok yang diaplikasi TKKS, 3 blok yang diaplikasi LCPKS dan 3 blok pada lokasi yang tidak diaplikasi keduanya (blok kontrol). Dari masing-masing blok diambil 30 sampel, sehingga didapat total 270 pokok sampel (ditentunkan dengan cara Random Sampling). Disamping itu juga dikumpulkan data-data sekunder yang meliputi data produksi 5 tahun terakhir (2014-2018), data pemupukan, data aplikasi TKKS, data aplikasi LCPKS dan data curah hujan 7 tahun terakhir (2012-2018). Data produksi dan karakter agronomi yang telah diperoleh kemudian di analisis menggunakan Uji t pada jenjang nyata 5 % untuk mengetahui perbedaan antara perlakuan pemupukan anorganik, TKKS, dan LCPKS.
Hasil penelitian menunjukan bahwa aplikasi TKKS dan LCPKS dapat meningkatkan produksi. Hasil pengukuran karakter agronomi menunjukan pada lahan yang diaplikasi TKKS dan LCPKS mendapatkan tinggi tanaman, lingkar batang, jumlah pelepah, panjang pelepah, jumlah bunga jantan, jumlah bunga betina, sex rasio, jumlah tandan dan berat tandan lebih tinggi dibandingkan dengan tanpa aplikasi TKKS dan LCPKS.

Kata Kunci : Produksi, Karakter Agronomi, TKKS, LCPKS
LOADING LIST...
amin.udin2712@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...