Ir. Priyambada, MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Kajian Kualitas Buah Terhadap Rendemen Dan Efesiensi Ekstraksi Di Pabrik Kelapa Sawit


Semakin meningkatnya kebutuhan dunia akan pada minyak kelapa sawit membuat industri kelapa sawit berkembang dengan pesat hal ini disebabkan karena minyak kelapa sawit dapat digunakan sebagai bahan baku pada industri makanan. Salah satu indikasi bahan baku yang baik yaitu tingkat kematangan yang optimal. Selain dengan kualitas buah Potensi Oil Extraction Rate (OER) dipengaruhi oleh varietas buah. Pada setiap aktifitas produksi Crude Palm Oil (CPO) suatu perusahaan harus menjaga mutu yang sesuai dengan standar pemerintah. Disamping itu, rendemen produksi juga harus diperhatikan sesuai standar oil extraction rate (rendemen CPO) 23 – 26%. (Asmono, 2001. Dalam Subagya, 2017.). Pengawasan terhadap kualitas CPO merupakan suatu kewajiban yang harus dilakukan oleh setip perusahaan.
Tujuan penelitian ini antara lain 1Menentukan kriteria untuk mengklasifikasikan terhadap kematangan buah kelapa sawit. 2Mengetahui parameter yang akan mempengaruhi rendemen atau OER (Oil Extraction Rate ) dan kualitas minyak yang dihasilkan. 3Bagaimana pengaruh kualitas buah terhadap rendemen ekstraksi.
Dari penelitian data serta pembahasan yang sudah dilakukan hasil pemantauan mutu Tandan Buah Segar olah diperoleh yaitu, untuk Buah Mentah sebesar 14,52%, Buah Matang sebesar 79,7% dan Buah Lewat Matang sebesar 5,78%. Hasil pengujian menggunakan uji ANOVA bahwa perbandingan antara kadar kotoran, air, kernel, dan minyak dinyatakan berbeda dari masing-masing fraksi, sedangkan untuk kadar FFA dinyatakan bahwa ada pengaruh namun tidak terlalu signifikan. Efesiensi ekstraksi terhadap TBS diperoleh nilai efesiensi 81,69%.

Kata kunci : Kualitas Buah, Rendemen, Efesiensi Ekstraksi

LOADING LIST...
nasikhinakhyarun@gmail.com
Ir. Priyambada, MP (P) - Personal Name
Ir. Gani Supriyanto, MP (P) - Personal Name
Akhyarun Nasikhin - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...