Ir. Samsuri Tarmadja, MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI CARA APLIKASI HERBISIDA TRIKLOPIR-SOLAR, TERHADAP PENGENDALIAN GULMA ANAK KAYU DI PERKEBUNAN KELAPA SAWIT


INTISARI
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dan efisiensi cara aplikasi herbisida triklopir-solar terhadap pengendalian gulma anak kayu. Penelitian ini telah dilaksanakan di Perkebunan Kelapa Sawit PT SMART tbk tepatnya berlokasi di Desa Rantau Buda, Kecamatan Sungai Durian, Kabupaten Kota Baru, Provinsi Kalimantan Selatan, mulai bulan Maret 2019 hingga Mei 2019.
Penelitian ini dilakukan dengan menguji cara aplikasi herbisida triklopir-solar pada perbandingan 1:19, yang meliputi 8 cara aplikasi yaitu tanpa dilukai lalu dioles dibagian batang, dicacah bagian batang lalu dioles dibagian yang dilukai, dikelupas kulit batang lalu dioles bagian yang dilukai, dipotong dibagian batang lalu bekas potongan dioles, tanpa dilukai lalu disemprot dibagian batang, dicacah bagian batang lalu disemprot dibagian yang dilukai, dikelupas kulit batang lalu disemprot bagian yang dilukai, dipotong batangnya lalu bekas potongan disemprot, dengan 3 ulangan di masing-masing perlakuan. Percobaan disusun dalam Rancanagan Acak Lengkap (RAL)/Completely Randomized Disign (CRD). Parameter yang diamati berupa mortalitas gulma, kebutuhan bahan per unit, dan tingkat kecepatan aplikasi. Data dianalisis menggunakan One way Anova kemudian dilanjutkan dengan uji jarak berganda Duncan pada jenjang beda nyata 5%.
Dari hasil penelitian ini didapatkan bahwa cara tanpa dilukai lalu dioles dan dikelupas kulitnya lalu dioles adalah cara aplikasi yang paling efektif dan efisien dalam mengendalikan gulma anak kayu.

Kata kunci : Cara aplikasi, Triklopir-solar, Gulma Berkayu, Efektivitas, Efisiensi.


LOADING LIST...
Zuhrikurniawan212@gmail.com
Ir. Samsuri Tarmadja, MP (P) - Personal Name
Ir. Abdul Mu'in, MP (P) - Personal Name
Zuhri Kurniawan - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...