Prof. Dr. Ir. A. T. Soejono; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Pengaruh Penambahan Pupuk Urea Pada Herbisida Glifosat Terhadap Kematian Alang-Alang


Penelitian ini bertujuan untuk menguji waktu terbaik penambahan Pupuk N dengan dosis 2g/l terhadap kematian gulma alang-alang (Imperata cylindrica.), di kebun pendidikan dan penelitian (KP2) Institut Pertanian STIPER Yogyakarta yang terletak di desa Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Pada bulan Januari sampai bulan April 2019.
Metode Penelitian menggunakan metode percobaan lapangan, Percobaan ini dilakukan dengan perlakuan Rancangan Acak Kelompok Lengkap (RAKL) dengan faktor tunggal yaitu glifosat yang terdiri dari 5 perlakuan. Data yang diperoleh dianalisis dengan Analisis of Variance dan Duncan New Multiple Range Test (DMRT) pada jenjang 5%.
Hasil penelitian menunjukkan pengaruh yang tidak berbeda nyata antara masing-masing perlakuan, penggunaan urea 1 minggu sebelum aplikasi mengalami keracunan lebih besar, penggunaan glifosat baik dengan urea maupun tanpa urea dapat membunuh alang-alang dengan baik, dalam pelaksanaannya alang-alang sudah cukup subur tanpa disertai urea.

Kata kunci : herbisida glifosat, pupuk urea, gulma Imperata cylindrica.

LOADING LIST...
rudywhily@gmail.com
Prof. Dr. Ir. A. T. Soejono - Personal Name
Arif Umami, S.Si, M.sc - Personal Name
RUDY WHILY ATMOKO (P) - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...