Ir. Tri Nugraha Budi Santosa, MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

KAJIAN EFEKTIVITAS PENGANGKUTAN BIBIT KELAPA SAWIT MENGGUNAKAN TRUCK DAN TRAKTOR MENUJU LAPANGAN


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami proses pengangkutan bibit menggunakan Traktor dan Truck, untuk membandingkan efisien pengangkutan dengan menggunakan traktor dan truck dan untuk mengetahui penerapan manajemen angkut bibit kelapa sawit. Penelitian dilaksanakan di PT. Kalimantan Prima Agro Lestari (KPAM) kec Manis Mata, kab. Ketapang, Kalimantan Barat, yang dilaksanakan pada bulan Februari – Maret 2019.
Penelitian ini melakukan metode deskritif analitik yaitu sebagai metode yang memusatkan pada pemecahan masalah-masalah yang ada pada masa sekarang dimana data yang dikumpulkan mula-mula disusun dan dianalisa. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder.
Hasil penelitian menunjukkan kapasitas alat angkut traktor 3.787 kg lebih kecil dari pada alat angkut truck 6.022 kg. Kecepatan angkut dengan menggunakan traktor 4,1 km/jam berdeda dengan truck yang lebih cepat 6,6 km/jam. Biaya angkut menggunakan alat traktor lebih tinggi dibanding truck dengan rata-rata Rp 62.177/km dibandingkan Rp 45.207/km. Biaya / route traktor lebih tinggi Rp 788.590 daripada klotok Rp 568.658/ route.
Kata kunci : Bibit kelapa sawit, Traktor dan Truck

LOADING LIST...
gultomputra1@gmail.com
Ir. Tri Nugraha Budi Santosa, MP - Personal Name
Ir. Priyambada, MP (P) - Personal Name
PUTRA GULTOM - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...