Hangger Gahara Mawandha, SP., M.Sc; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Komposisi Gulma Pada Lahan Perkebunan Kelapa Sawit TBM Dan TM


Penelitian yang dilaksanakan di perkebunan kelapa sawit PT. Tunggal Perkasa Plantation, yang terletak diDesa Sungai Sagu, Kecamatan Lirik, Kabupaten Indra Giri Hulu, Provinsi Riau. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui komposisi jenis- jenis gulma yang terdapat pada TBM dan TM di perkebunan kelapa sawit, mengetahui jenis gulma yang tumbuh dominan dan menentukan saran pengendalian.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan melakukan survei gulma secara langsung.yang tumbuh di lahan perkebunan kelapa sawit pada TBM dan TM. Metode analisis vegetasi yang digunakan adalah metode kuadrat.
Hasil pengamatan komposisi gulma menunjukkan terdapat 18 jenis gulma pada lahan TBM dan 7 jenis gulma pada TM. Dari hasil analisis berdasarkan daur hidup gulma, menunjukkan SDR jenis gulma tahunan merupakan jenis gulma dominan yang tumbuh baik pada lahan TBM dan lahan TM. Sedangkan berdasarkan morfologi gulma, jenis gulma yang mendominasi pada lahan TBM dan TM adalah jenis gulma daun lebar dan pakuan. Dari hasil perhitungan nilai koefisien komunitas (C) gulma yang tumbuh pada lahan TBM dan lahan TM adalah sebesar 29,84%. Sehingga dapat dikatakan bahwa tingkat keseragaman jenis gulma yang menyusun vegetasi pada lahan TBM dan TM adalah tidak seragam.

LOADING LIST...
fikri.ariefimam@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...