Prof. Dr. Ir. A. T. Soejono; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Perubahan Komposisi Gulma Setelah Aplikasi Herbisida Tunggal Dan Campuran Pada Tanaman Menghasilkan


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komposisi dan jenis gulma dominan berdasarkan daur hidup dan morfologi yang tumbuh pada Tanaman Menghasilkan (TM), di kebun swadaya milik Petani yang terletak di Desa Redang Seko Dusun III Kec. Lirik Kab. Indragiri Hulu Prov. Riau, pada bulan April 2019 sampai dengan Mei 2019.
Penelitian menggunakan metode kuadrat untuk mengumpulkan data gulma. Petak sampel yang digunakan berbentuk persegi panjang 2x5 m, dengan petak sampel 50x50 cm pada tengah petak perlakuan. Pengambilan sampel digunakan untuk memperoleh data jumlah, kehadiran, dan berat segar gulma yang kemudian di keringkan serta di analisis dengan menghitung kerapatan, frekuensi, dominansi, SDR, dan tingkat keseragaman jenis gulma penyusun vegetasi dengan nilai koefisien komunitas (C).
Dari hasil penelitian pada TM terdapat 9 jenis gulma sebelum aplikasi herbisida dan ada 9 jenis gulma setelah aplikasi herbisida. Sebelum aplikasi herbisida, gulma dominan menurut daur hidup dan morfologi adalah tahunan dan daun lebar. Tidak ada jenis gulma dominan setelah aplikasi herbisida. Komposisi gulma sebelum dan sesudah aplikasi herbisida berbeda.


LOADING LIST...
bangunpambudi96@gmail.com
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...