Ade Saputra; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

KAJIAN TANDAN KOSONG KELAPA SAWIT DALAM MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS KELAPA SAWIT


INTISARI

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan tandan kosong kelapa sawit (TKKS) dalam meningkatkan produktifitas kelapa sawit. Penelitian ini dilakukan dikebun PT. Multi Prima Entakai, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat.
Penelitian ini dilakukan menggunakan metode survey agronomi yaitu dengan mengumpulkan data agronomi tanaman kelapa sawit dilapangan dan metode Obserfasi yaitu metode penelitian yang digunakan dalam mengumpulkan data survey yang dikumpulkan melalui data primer dan data sekunder. Data primer yang dikumpulkan terdiri dari 6 blok (3 blok yang diaplikasi TKKS dan 3 blok tanpa aplikasi TKKS). Dari setiap blok diambil 15 sampel tanaman,Sehingga total sampel tanaman secara keseluruhan adalah 90 tanaman sampel. Pengambilan data dilakukan diperkebunan kelapa sawit yang sudah dilakukan pengaplikasian TKKS selama 5 tahun terakhir.
Data yang diperoleh dari hasil pengumpulan data produktifitas kelapa sawit antara lahan yang diaplikasi dengan lahan tanpa aplikasi TKKS akan dibandingkan dengan uji T independent t test pada jenjang nyata 5% sedangkan data lainnya dijelaskan secara deskriptif.
Hasil analisis menunjukkan Produktifitas TBS kelapa sawit pada lahan yang diaplikasikan TKKS dan tanpa TKKS tidak berbeda nyata. Meskipun tidak berbeda nyata, produksi TBS pada lahan yang diaplikasikan TKKS cenderung lebih baik baik.Realisasi pemupukan pada blok yang diaplikasikan TKKS lebih rendah dibandingkan dengan realisasi pupuk pada blok tanpa aplikasi TKKS. Dari analisis karakter agronomi menunjukkan Diameter batang,jumlah bunga jantan dan jumlah tandan per pokok tidak berbeda nyata. Hasil analisis karakter agronomi menunjukkan bahwa tinggi batang, panjang pelepah, jumlah bunga betina dan berat tandan TBS kelapa sawit yang diaplikasikan TKKS dan tanpa TKKS menunjukkan berbeda nyata.



Kata kunci: tandan kosong, produktifitas, kelapa sawit

LOADING LIST...
adesaputra15896@gmail.com
Ade Saputra - Personal Name
Ir.Pauliz Budi Hastuti,MP (P) - Personal Name
Ir.Tri Nugraha Budi Santosa,MP - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...