Erick Firmansyah, SP. M. Sc.; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

ANALISIS VEGETASI GULMA TANAMAN JAGUNG PADA BERBAGAI MACAM JARAK TANAM


Penelitian bertujuan untuk mengetahui komposisi gulma yang tumbuh di lahan tanaman jagung pada berbagai macam jarak tanam yang berbeda serta untuk mengetahui jenis gulma yang dominan pada berbagai macam jarak tanam yang berbeda. Tempat penelitian dilaksanakan di lahan tegalan di desa Maguwoharjo kecamatan Depok, Sleman, Yogyakarta. Penelitian ini sendiri dilakukan pada bulan agustus 2019.
Penelitian ini menggunakan metode survei gulma untuk mengumpulkan data dengan pengamatan langsung di lapangan dengan metode kuadrat. Pengambilan sampel dilakukan di dua tempat yaitu di lahan jagung pada jarak tanam 75 cm x 20 cm dan 75 cm x 40 cm. Petak sampel yang digunakan berbentuk persegi dengan sisi 100 cm.
Hasil penelitian menunjukkan pada lahan jagung pada jarak tanam 75 cm x 20 cm dan jarak tanam 75 cm x 40 cm terdapat 5 jenis gulma yang sama dengan daur hidup berbeda, akan tetapi memiliki morfologi daun lebar. Baik di lahan jagung pada jarak tanam 75 cm x 20 cm dan jarak tanam 75 cm x 40 cm jenis gulma yang tumbuh mendominasi adalah jenis gulma semusim dan berdaun lebar. Komunitas gulma di lahan jagung pada jarak tanam 75 cm x 20 cm dan jarak tanam 75 cm x 40 cm seragam.
Kata kunci : vegetasi gulma, jarak tanam jagung.
LOADING LIST...
erickbondar@gmail.com
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2019
YOGYAKRTA
LOADING LIST...