Ir. Pauliz Budi Hastuti, MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH FREKUENSI PENYIRAMAN DAN APLIKASI PUPUK KANDANG PADA PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN TIMUN (Cucumis sativus)


INTISARI

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh frekuensi penyiraman terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman mentimun, untuk mengetahui dosis pupuk kandang yang baik terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman mentimun, dan untuk mengetahui interaksi frekuensi penyiramanan dengan aplikasi pupuk kandang terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman mentimun. Penelitian dilaksanakan pada bulan Mei sampai Agustus 2019 di Kebun Pendidikan dan Penelitain (KP2) Kalikuning Institut Pertanian STIPER Yogyakarta di Wedomartani, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan Rancangan Petak Terbagi (Spilt Plot) yang terdiri dari 2 faktor. Faktor pertama yaitu frekuensi penyiraman (frekuensi penyiraman 1 hari sekali, frekuensi penyiraman 2 hari sekali dan frekuensi penyiraman 3 hari sekali) dan faktor kedua yaitu aplikasi dosis pupuk kandang (20 g pupuk (NPK Mutiara 16-16-16), 0,5 kg, 1 kg, dan 1,5 kg) dengan ulangan 3 kali. Data hasil penelitian di analisis menggunakan sidik ragam pada jenjang nyata 5% jika ada beda nyata antar perlakuan, di uji menggunakan DMRT jenjang nyata 5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat interaksi nyata antara frekuensi penyiraman dengan dosis aplikasi pupuk kandang terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman mentimun. Frekuensi penyiraman memberikan pengaruh sama terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman mentimun. Dosis pupuk kandang kambing memberi pengaruh nyata terhadap berat segar tajuk, jumlah buah, panjang buah, dan diameter buah tanaman mentimun. Dosis pupuk kandang memberi pengaruh yang sama terhadap pertumbuhan mentimun tetapi berbeda nyata terhadap hasil tanaman mentimun. NPK 20 g memberi pertumbuhan dan hasil sama dengan dosis pupuk organik 0,5 kg.


Kata kunci : mentimun (Cucumis sativus), frekuensi penyiraman, pupuk kandang

LOADING LIST...
Putrays00@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...