Ir. Enny Rahayu, MP.; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH MACAM DAN KETEBALAN MULSA ORGANIK TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT DAN UNTUK MENEKAN PERTUMBUHAN GULMA DI PEMBIBITAN KELAPA SAWIT MAIN NURSERY


Penelitian dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh macam dan ketebalan mulsa organik terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit dan untuk menekan pertumbuhan gulma di pembibitan kelapa saswit Main Nursery telah dilaksanakan di PT. Sinar Kencana Inti Perkasa, desa Magalau Hilir, kecamatan Kelumpang Barat, kabupaten Kota Baru, provinsi Kalimantan selatan dengan rancangan yang dipakai adalah faktorial yang disusun dalam Rancangan Acak Lengkap (Complettely Randomized Design) yang terdiri dari 2 faktor. Faktor pertama adalah macam mulsa organik (M) yang terdiri dari 3 aras, yaitu mulsa cangkang kelapa sawit (M1), mulsa tandan kosong kelapa sawit (M2), dan mulsa Imperata cylindrica (M3). Faktor kedua adalah ketebalan mulsa organik (K) yang terdiri 4 aras, yaitu ketebalan 0 cm atau tanpa mulsa (K0), ketebalan 1 cm (K1), ketebalan 2 cm (K2) dan ketebalan 3 cm (K3). Data hasil penelitian dianalisis dengan sidik ragam (Analisis of Variance) apabila hasil analisis berbeda nyata, maka dilanjutkan dengan uji jarak berganda Duncan (Duncan Multiple Range Test) Pada jenjang nyata 5%.
Hasil sidik ragam menunjukkan bahwa tidak terdapat interaksi nyata antara perlakuan macam dan ketebalan mulsa organik terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit dan untuk menekan pertumbuhan gulma di pembibitan kelapa sawit Main Nursery. Berdasarkan hasil penelitian bahwa pemberian mulsa tandan kosong kelapa sawit dapat meningkatkan pertumbuhan bibit kelapa sawit paling baik, meskipun tidak berbeda nyata pada perlakuan jumlah daun. Peningkatan ketebalan mulsa organik dapat menghambat pertumbuhan gulma didalam polybag di pembibitan Main Nursery. Mulsa organik dengan ketebalan 2 cm dapat menekan pertumbuhan gulma di pembibitan Main Nursery.
LOADING LIST...
adipujiono13@yahoo.co.id
Ir. Enny Rahayu, MP. - Personal Name
Adi Pujiono - Personal Name
Ir. Abdul Mu'in, MP. (P) - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...