Dr. Ir. Herry Wirianata, MS (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Pengaruh Curah Hujan Terhadap Pembungaan Kelapa Sawit


INTISARI
Pertumbuhan dan perkembangan kelapa sawit dipengaruhi oleh faktor iklim terutama curah hujan. Produksi tandan bunga jantan dan bunga betina sering kali dipengaruhi oleh musim kemarau yang terjadi beberapa bulan sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap hubungan curah hujan, pertumbuhan vegetatif dengan jumlah tandan bunga jantan dan bunga betina.
Penelitian dilaksanakan di perkebunan kelapa sawit umur 22 tahun dengan populasi 125 pohon per hektar selama 4 bulan (Februari‒Mei 2019) pada 3 blok pengamatan. Setiap blok terdiri dari 15 pohon sampel yang mengikuti pohon sampel Leaf Sampling Unit (LSU). Peubah yang diamati yaitu produksi jenis bunga (jantan dan betina), pelepah baru, panjang pelepah yang dilakukan 10 hari sekali dan diameter batang yang dilakukan 2 kali (pengamatan pertama dan terakhir).
Hasil penelitian mengungkapkan defisit air yang terjadi selama musim kemarau berhubungan erat dengan terjadinya penurunan produksi dua hingga delapan bulan kemudian. Curah hujan yang terjadi dua belas bulan sebelumnya berhubungan erat dengan jumlah tandan bunga jantan namun tidak pada jumlah bunga betina. Pertumbuhan vegetatif (jumlah pelepah baru, panjang pelepah dan diameter batang) tidak berhubungan erat dengan jumlah tandan bunga jantan dan jumlah bunga betina.

Kata kunci: curah hujan, tandan bunga jantan, tandan bunga betina
LOADING LIST...
whyprasetyo42@gmail.com
Dr. Ir. Herry Wirianata, MS (P) - Personal Name
Dra. Suprih Wijayani, M.Si. - Personal Name
Wahyu Prasetyo - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...