Dr. Dra Yohana Theresia Maria Astuti, M.Si. (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

INTERAKSI ANTARA Nephrolepis biserrata DAN Elaeidobius kamerunicus TERHADAP KEBERHASILAN PENYERBUKAN BUNGA KELAPA SAWIT


INTISARI
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat kerapatan tumbuhan Nephrolepis biserrata di perkebunan kelapa sawit terhadap tingkat keberhasilan penyerbukan bunga betina kelapa sawit.
Penelitian ini dilaksanakan di perkebunan kelapa sawit milik PT. Mitra Karya Agroindo Smart Tbk. yang terletak di desa Sandul kecamatan Batu Ampar kabupaten Seruyan provinsi Kalimantan Tengah.
Alat yang digunakan dalam penelitian ini meliputi alat tulis, buku, yellow paper trap, hand counter, petak contoh 1 x 1 meter, serta kantong plastik transparan. Bahan yang digunakan dalam penelitihan meliputi blok sampel, bunga jantan kelapa sawit, bunga betina kelapa sawit, dan tandan buah kelapa sawit.
Metode penelitian yang digunakan dalam memperoleh data adalah metode deskriptif. Data primer yang diamati antara lain kerapatan Nephrolepis biserrata, jumlah Elaidobius kamerunicus bunga kelapa sawit, serta nilai fruit set. Dipilih tiga blok yang memiliki tingkat kerapatan Nephrolepis biserrata yang berbeda. Kerapatan tinggi dengan populasi >10 individu/m2 , kerapatan sedang dengan populasi 1-10 individu/m2, dan kerapatan rendah dengan populasi 0 individu/m2.
Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh antara tingkat kerapatan Nephrolepis biserrata terhadap fruit set kelapa sawit. Nilai kerapatan Nephrolepis biserrata yang tinggi menghasilkan nilai fruit set yang tinggi, sedangkan nilai kerapatan Nephrolepis biserrata yang rendah menghasilkan nilai fruit set yang rendah.


Kata kunci : Nephrolepis biserrata, fruit set, bunga betina, Elaeidobius kamerunicus
LOADING LIST...
gigih.mohammad@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...