Dr. Ir. Herry Wirianata, MS. (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH CEKAMAN LENGAS TERHADAP BUSUK BUAH (PATAH TANDAN) KELAPA SAWIT


INTISARI
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh cekaman lengas terhadap buah busuk (patah tandan) kelapa sawit pada dua jenis tanah yang berbeda. Penelitian dilaksanakan di Muara Dua Estate (MDUE), PT. Binasawit Abadipratama, Kecamatan Seruyan Raya, Kabupaten Seruyan, Provinsi Kalimantan Tengah.
Penentuan blok penelitian menggunakan purposive sampling dengan memilih dua blok bertekstur pasiran dan dua blok bertekstur mineral. Penelitian ini menggunakan survei agronomi dengan cara grading di tempat pengumpulan hasil (TPH). Parameter yang diamati dalam penelitian adalah jumlah tandan patah, panjang dari tandan normal dan tandan patah serta berat dari tandan normal dan tandan patah.
Hasil penelitian menunjukan tidak ada pengaruh nyata jumlah curah hujan terhadap jumlah dan berat tandan patah, tetapi berpengaruh nyata terhadap panjang tandan patah pada interval 2 bulan dan 5 bulan sebelum penelitian. Hasil penelitian menunjukan terdapat perbedan nyata panjang dan berat dari tandan normal dan tandan patah pada tanah mineral dan tanah pasiran. Hasil penelitian juga menunjukan terdapat perbedaan nyata pada parameter jumlah tandan patah serta panjang tandan patah antara blok dengan jenis tanah bertekstur pasiran dan blok dengan jenis tanah bertekstur mineral, tetapi tidak terdapat perbedaan nyata pada parameter berat tandan dan persentase jumlah tandan patah.
Kata kunci : Curah hujan, tandan normal, tandan patah, pasiran, mineral.
LOADING LIST...
prayogi.anware@gmail.com
Dr. Ir. Herry Wirianata, MS. (P) - Personal Name
Ir. Enny Rahayu, MP. - Personal Name
Anwar Prayogi - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...