Wijang Aji Wibowo; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Perbandingan Berat Tandan Buah Segar Kelapa Sawit Pada Lahan dengan Aplikasi Limbah Cair Pabrik Kelapa Sawit (LCPKS) dan Tandan Kosong Kelapa Sawit (TKKS)


INTISARI
Penelitian dilaksanakan di perkebunan kelapa sawit Naga Sakti Estate (NSAE), Region Kampar, PSM Riau, PT. Buana Wiralestari Mas yang merupakan salah satu unit usaha PT. SMART, Tbk yang terletak di Desa Sekijang, Kecamatan Tapung Hilir, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau.
Peningkatan produksi minyak sawit di Indonesia diiringi dengan pembangunan pabrik pengolahan kelapa sawit. Selain menghasilkan minyak sawit dan minyak inti sawit, pabrik pengolahan juga menghasilkan limbah (by product). Limbah tertinggi yang dihasilkan berupa limbah cair (LCPKS) sekitar 55% dan tandan kosong kelapa sawit (TKKS) sekitar 21%. Penerapan zero waste adalah usaha mengurangi pencemaran lingkungan dengan memanfaatkan kembali limbah pabrik kelapa sawit sebagai pupuk organik.
Penelitian ini bertujuan untuk mebandingkan pengaruh aplikasi LCPKS dan aplikasi TKKS terhadap produktivitas, berat janjang rerata (BJR) dan karakter agronomi. Dilaksanakan menggunakan metode survei agronomi dengan menentukan masing-masing 2 blok pada lahan yang diaplikasi LCPKS dan diaplikasi TKKS. Data yang dikumpulkan berupa data primer dan data sekunder. Data produksi dan BJR yang telah diperoleh kemudian dianalisis menggunakan uji t pada jenjang nyata 5%. Data pengukuran karakter agronomi dianalisis dengan menggunakan uji t dan uji korelasi untuk mengetahui hubungan antar parameter.
Hasil penelitian menunjukan bahwa produktivitas lahan aplikasi LCPKS dan aplikasi TKKS tidak berbeda secara signifikan, sedangkan BJR dan karakter agronomi berbeda secara signifikan. Hasil uji korelasi menunjukan ada hubungan signifikan tinggi tanaman, lingkar batang, panjang pelepah dan panjang anak daun terhadap berat tandan.
Kata Kunci : Produktivitas, BJR, Karakter Agronomi, LCPKS, TKKS.

LOADING LIST...
wijangajiwibowo@gmail.com
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...