Dr. Dra. Yohana Theresia Maria Astuti, M.Si; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Kajian Pengaruh Lahan Mineral dan Lahan Gambut Terhadap Karakteristik Agronomi dan Produktivitas Kelapa Sawit


INTISARI
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pertumbuhan dan produktivitas kelapa sawit pada lahan mineral dan lahan gambut. Penelitian ini dilakukan untuk melihat dan memaparkan hasil budidaya kelapa sawit di lahan mineral dan lahan gambut serta memberikan kajian yang lebih untuk efektifitas dan efisiensi pengelolaan kelapa sawit pada lahan gambut. Penelitian ini dilakukan di Tanjung Paring Estate, PT. Tapian Nadenggan salah satu anak perusahaan milik PT. Smart Tbk, di Kecamatan Batu Ampar, Kabupaten Seruyan, Provinsi Kalimantan Tengah yang terletak di 112º 7’ 57” BT dan 2º 16’ 49” LS pada bulan April hingga Mei 2019.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode survey dengan 2 tahap, meliputi survey pendahuluan dan survey utama. Survey pendahuluan dilakukan untuk menentukan lokasi penelitian (blok sampel) dan survey utama dilakukan untuk mengumpulkan data primer dan data sekunder guna mendukung pengamatan dan penyusunan data. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan Uji t pada taraf 5% untuk membandingkan karakteristik agronomi dan produktivitas tanaman kelapa sawit pada lahan mineral dan lahan gambut yang telah dilakukan pengambilan sampel.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa produktivitas kelapa sawit pada lahan mineral berbeda nyata dengan lahan gambut. Produktivitas kelapa sawit lebih tinggi pada lahan mineral. Karakter agronomi kelapa sawit pada lahan mineral dan lahan gambut tidak berbeda nyata, kecuali pada parameter tinggi tanaman. Tinggi tanaman pada lahan mineral menunjukkan hasil yang lebih tinggi.
Kata Kunci : Mineral, Gambut, Produktivitas Kelapa Sawit, Karakter Agronomi

LOADING LIST...
bimahaloho@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...