Hangger Gahara Mawandha, SP., M.Sc; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

ANALISIS VEGETASI GULMA DI PERKEBUNAN KELAPA SAWIT TANAMAN MENGHASILKAN (TM) PADA TOPOGRAFI BERBEDA


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komposisi gulma yang menyusun vegetasi di perkebunan kelapa sawit pada topografi datar dan berbukit serta cara pengendalian gulma. Penelitian ini dilakukan di PT. Kencana Graha Permai, Kencana Estate, Desa Rangkung, Kecamatan Marau, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat.
Penelitian ini menggunakan metode survei dengan melakukan pengamatan langsung di lapangan dengan menggunakan analisis vegetasi. Pengamatan dilakukan pada tanaman kelapa sawit menghasilkan (TM) maka pengambilan sampel dilakukan di pasar pikul dengan petak sampel berbentuk bujur sangkar sebanyak 10 petak pada tiap topografi ditentukan dengan ukuran 90 x 90 cm ditempatkan ditengah antar dua pokok. Pengambilan data berupa jumlah individu gulma, berat segar, dan berat kering.
Hasil penelitian menunjukkan komposisi gulma berdasarkan daur hidup pada lahan bertopografi datar didominasi gulma semusim sedangkan pada topografi berbukit oleh gulma tahunan. Berdasarkan morfologi gulma pada lahan bertopografi datar relatif berimbang antara rumputan (grasses) dengan daun lebar (broad leaf), sedangkan pada topografi berbukit didominasi gulma daun lebar (broad leaf). Keragaman komunitas gulma (C) antara lahan bertopografi datar dengan berbukit tidak seragam. Komposisi gulma dominan pada lahan datar jenis gulma semusim sehingga pengendaliannya menggunakan herbisida kontak sedangkan pada topografi berbukit gulma dominan tahunan pengendaliannya menggunakan herbisida sistemik.

Kata Kunci : gulma, topografi datar dan berbukit

LOADING LIST...
syahrul.sixs@gmail.com
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...