ir. Tri nugraha Budi Santosa, MP.; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Pengaruh Aplikasi Pupuk Organik By Product Pabrik Kelapa Sawit Terhadap Produktivitas Tanaman Kelapa Sawit (Elaeis guineensis)di Lahan Terasan


INTISARI
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pupuk organik by product pabrik kelapa sawit terhadap produktivitas tanaman kelapa sawit di lahan terasan. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan pada bulan Februari 2019 – Mei 2019 di Perkebunan Bukit Santuhai, PT. Agrokarya Primalestari, Region Kalteng 5, PSM 6A, Kabupaten Kotawaringin Timur, Provinsi Kalimantan Tengah.
Penelitian ini membandingkan produktivitas antara tanaman yang diberi pupuk organik by product LCPKS dan kompos TKKS dan tanaman yang diberi pupuk anorganik. Penelitian ini menggunakan metode survei agronomi Penelitan ini menggunakan 45 tanaman sampel (per perlakuan) yang dipilih sesuai dengan metode pengambilan contoh kesatuan daun dan 30 Tempat Pengumpulan Hasil (TPH) (per perlakuan) yang pilih berdasarkan nomor TPH dengan kelipatan angka 5. Adapun data sekunder yang digunakan adalah produksi TBS, data curah hujan dan jumlah hari hujan, dan data pemupukan.
Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa produktivitas tanaman kelapa sawit yang diaplikasikan pupuk organik lebih rendah daripada produktivitas tanaman kelapa sawit yang diaplikasikan pupuk anorganik. Selain itu produktivitas tanaman kelapa sawit diaplikasikan pupuk organik tidak mencapai potensi produktivitasnya.

Kata kunci : LCPKS, kompos TKKS, produktivitas, TBS.

LOADING LIST...
geovantri@gmail.com
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...