MUHAMMAD ILHAM FAUZAN; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Pengaruh Bentuk dan Penempatan Pupuk Organik Terhadap Pertumbuhan Bibit Kelapa Sawit di Pre Nursery


Yogyakarta. 4 Agustus 2019

Mengetahuai
Dosen Pembimbimg


INTISARI
PENGARUH BENTUK DAN PENEMPATAN PUPUK ORGANIK TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT
DI PRE NURSERY

Oleh :
MUHAMMAD ILHAM FAUZAN
13/15622/BP/SPKS
Penelitian dengan tujuan untuk mengetahui interaksi antara bentuk pupuk dan letak pupuk organik solid pabrik kelapa ssawit terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery dan untuk mengetahui pengaruh bentuk pupuk serta letak pupuk organik solid pabrik kelapa ssawit terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery telah dilaksanakan selama 3 bulan di Kebun Pendidikan dan Penelitian (KP2) Institut Pertanian Stiper Yogyakarta di Desa Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan percobaan faktorial menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) atau Completely Randomized Design (CRD) dengan dua faktor. Faktor pertama adalah letak pupuk organik solid (L), yang terdiri atas tiga macam, yaitu diatas/permukaan polybag (L1), ditengah polybag (L2), dan dibawah/dasar polybag (L3). Sedangkan faktor kedua yaitu bentuk pupuk organik solid (B) yang terdiri atas 4 macam yaitu serbuk (B1), pellet (B2), briket (B3) dan NPK (B4). Data dianalisis dengan sidik ragam (Analysis of variance). Apabila ada beda nyata maka dilanjutkan dengan uji jarak berganda (Duncan’s Multiple Range Test) pada jenjang nyata 5%.
Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat interaksi antara letak dan bentuk pupuk organic solid terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Macam bentuk pupuk organik solid memberikan pengaruh yang sama terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery Macam letak pupuk organik solid memberikan pengaruh yang sama terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery.
Kata kunci : bibit d
LOADING LIST...
mhdilhamfauzan77@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2019
Yogyajarta
LOADING LIST...