Hangger Gahara Mawandha, SP., M.Sc; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Pengaruh Cara Aplikasi dan Konsentrasi Triklopir Untuk Menggendalikan Gulma Chromolaena odorata di Perkebunan Kelapa Sawit


PENGARUH CARA APLIKASI DAN KONSENTRASI HERBISIDA
TRIKLOPIR UNTUK MENGENDALIKAN GULMA BERKAYU DI PERKEBUNAN KELAPA SAWIT
Rizky Panca Anugrah
Jurusan Budidaya Pertanian, Fakultas Pertanian, Institut Pertanian STIPER, Jalan Nangka II, Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta 55281, Indonesia.
Email : rizkyanugrah325@gmail.com

INTISARI
Penelitian akan dilaksanakan di perkebunan Sinarmas Sungai Saling Estate, PT. Sawit Mas Sejatrah, Region Sumsel 2 PSM Sumsel, Jalan lintas Tengah Sumatra, Desa Sungai Laru, Kecamatan Kikim Barat, Kabupaten Lahat Sumatra Selatan. Penelitian ini dilakukan selama 2 bulan yaitu dari bulan Januari – Februari 2019.
Penelitian ini menggunakan percobaan factorial yang disusun dalam rancangan acak lengkap (RAL) / Completely Randomized Design (CRD), terdiri dari 2 faktor dengan 3 ulangan, Faktor pertama adalah Cara Aplikasi (A) yang terdiri dari 4 aras yaitu, dioles pada kulit batang 10 cm dari pangkal batang (A1), dioles pada batang yang dikupas kulitnya (A2), dismprot pada kulit batang (A3), dan disemprot pada batang yang dikupas kulitnya (A4). Faktor kedua adalah konsentrasi Triklopir (T), yang terdiri dari 4 aras yaitu 44,6 gram/liter (T1), 35,2 gram/liter (T2), 26,8 gram/liter (T3), 19,1 gram/liter (T4).
Hasil penelitian menunjukan bahwa perlakuan cara aplikasi dengan disemprot pada kulit batang 10 cm dari pangkal batang nyata lebih baik dari perlakuan lainnya tetapi tidak berbeda nyata dengan cara aplikasi dismprot pada kulit batang yang dikupas dan Dioles pada kulit batang 10 cm dari pangkal batang.. disemprot pada kulit batang dari pangkal batang dengan konsentrasi 19.1 g/l nyata lebih baik dari kombinasi perlakuan lainnya. Pada pengamatan 4-8 MSA gulma sudah mati 100%.


Kata kunci : Chromolaena odorata, Triklopir, Solar

LOADING LIST...
rizkyanugrah325@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2019
YOGYAKRTA
LOADING LIST...