Ir. Abdul Mu'in, MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Pengaruh Herbisida Metil Metsulfuron dan Polyoxyethylene Alky Ether Untuk Mengendalikan Gulma Bellucia Axinanthera


INTISARI
Penelitian lapangan yang berjudul “Pengaruh Herbisida Metil metsulfuron dan Polyoxyethylene alky ether untuk mengendalikan gulma Bellucia axinanthera” dilakukan di PT. Agro Lestari Mandiri (AMNL), Pekawai Estate (PKWE), Kabupaten Ketapang, Provinsi Kalimantan Barat. Waktu penelitian dimulai pada bulan Maret 2019 sampai Mei 2019. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui konsentrasi herbisida metil metsulfuron dan konsentrasi polyoxyethylene alky ether yang tepat dalam mengendalikan gulma Bellucia axinanthera di perkebunan kelapa sawit.
Rancangan percobaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) faktorial dengan 3 kali ulangan, faktor pertama adalah konsentrasi herbisida bahan aktif Metil metsulfuron (M) yang terdiri dari 3 aras yaitu: 0,26 g/l (M1), 0,4 g/l (M2), 0,53 g/cap (M3). Faktor kedua adalah konsentrasi surfaktan bahan aktif Polyoxyethylene alky ether (P), yang terdiri dari 3 aras yaitu: 1,33 g/l (P1), 2 g/l (P2), 2,67 g/l (P3).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terjadi interaksi antara kombinasi herbisida metil metsulfuron dan konsentrasi polyoxyethylene alky ether. Pengaruh konsentrasi herbisida metil metsulfuron 0,53 g/l dan konsentrasi polyoxyethylene alky ether 2,67 g/l memberikan hasil terbaik terhadap pertumbuhan gulma Bellucia axinanthera. Pengaruh perlakuan kombinasi konsentrasi metil metsulfuron dan konsentrasi polyoxyethylene alky ether tidak berbeda antar perlakuan. Konsentrasi metil metsulfuron 0,26 g/l dan konsentrasi polyoxyethylene alky ether 1,33 g/l cukup untuk menekan pertumbuhan gulma Bellucia axinanthera.

Kata kunci : Bellucia axinanthera, Metil metsulfuron, Polyoxyethylene alky ether
LOADING LIST...
fitraaroha@gmail.com
Ir. Abdul Mu'in, MP (P) - Personal Name
Fitra Aroha - Personal Name
Hangger Gahara Mawandha, SP. M.Sc - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...